UPK KIARAPEDES KEMBANGKAN DAPM MEMBUKA USAHA PERDAGANGAN

Purwakarta, Buru Fakta-Unit Pengelola Kegiatan (UPK) PNPM Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta melakukan kerjasama dibidang usaha perdagangan umum dengan PT Mitra Jempol Abadi Kabupaten Purwakarta Jabar.

Kerjasama pengembangan usaha itu bergerak dibidang perdagangan umum, yakni menjual sedikitnya 2100 item barang dagangan untuk menopang laju pertumbuhan ekonomi ditubuh Pihak UPK Kiarapedes selain dari program Simpan Pinjam Perempuan (SPP) dan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) yang sudah direalisasikan selama ini. Demikian dikatakan Ketua UPK Kecamatan Kiarapedes Hendra Maulana Yusuf, S.Kom saat ditemui Awak Media di ruang kerjanya Kamis (23/08).

Selain itu, upaya pemberdayaan ekonomi ini pun dilakukan mengacu kepada Perbup Nomer 70 Tahun 2015 Tentang Pedoman Pelestarian Hasil PNPM Mandiri Perdesaan di Kabupaten Purwakarta yakni didalamnya UPK dapat mengelola Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (DAPM) selain Mengelola Program SPP dan UEP.

Untuk menjalankan suksesnya program DAPM ini, Pihak UPK menggunakan dana bersumber dari Surplus SPP PNPM. Alhamdulillah, Jika dihitung secara keseluruhan dana dari sejak berdirinya UPK PNPM MP Kiarapedes tahun 2009 hingga 2018 ini, kami telah memiliki Aset keseluruhan mencapai kurang lebih Rp4 Milyar rupiah. Nah, untuk kerjasama UPK dan PT Mitra Jempol Abadi, Pihak UPK hanya menyediakan lokasi, sarana dan prasarana saja. Sedangkan, untuk penyediaan suplay barang dagangan dan tenaga kerja seluruhnya menjadi tanggung jawab PT Mitra Jempol Abadi.

Adapun, untuk memperlancar transaksi jual beli, kami sudah melakukan kerjasama juga dengan beberapa Bank, agar Pihak Bank menyediakan fasilitas Tempat Penyimpanan Mesin ATM dilokasi Toko Amanah Mart. Sehingga, mempermudah para pembeli atau konsumen mengambil uang belanjanya.

Dikutip dari laman https://forkowapcom.wordpress.com/2018/08/24/upk-kiarapedes-kembangkan-dapm-membuka-usaha-perdagangan/